Sosialisasi Produk Waran Terstruktur

WARAN TERSTRUKTUR

Waran Terstruktur atau Structured Warrant adalah Efek yang diterbitkan oleh lembaga keuangan, yang memberikan hak kepada pembelinya untuk menjual atau membeli suatu underlying securities pada harga dan tanggal yang telah ditentukan.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan bahwa waran terstruktur Adaro Energy Indonesia (ADRO), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), dan Unilever Indonesia (UNVRakan terbit pada tanggal 19 September 2022.

Dalam keterbukaan informasi, BEI menyebutkan bahwa waran terstruktur ADRO akan diterbitkan dengan kode ADRODRCM3A. Adapun BBRI memakai kode BBRIDRCM3A dan UNVR menggunakan kode UNVRDRCM3A.

Pada dasarnya, Waran terstruktur merupakan Efek yang mekanisme perdagangannya mirip dengan Equity Waran yang ada di Bursa, namun dengan perbedaan mendasar seperti Penerbit, Saham yang diterbitkan dan metode penyelesaian saat jatuh tempo.

Waran terstruktur diterbitkan oleh pihak ketiga, yang mana merupakan Anggota Bursa (sekuritas) dengan kriteria tertentu. Metode penyelesaian saat jatuh tempo dilakukan secara Otomatis, yang artinya jika Waran Terstruktur mempunyai value / keuntungan ketika jatuh tempo, maka dana akan otomatis ditransfer dari KSEI ke rekening investor .

Waran terstruktur memiliki perbedaan dengan waran biasa yang diterbitkan oleh perusahaan.  Waran biasa hanya dapat diterbitkan ketika perusahaan melakukan IPO atau rights issue dan dapat diubahmenjadi saham. Sementara itu, waran terstruktur hanya diterbitkan oleh sekuritas yang berkenandan tidak dapat diubah menjadi saham.

Waran terstruktur diterbitkan dalam 2 tipe, yaitu calldan put waran. Namun, dalam penawaran waran terstruktur ADRO, UNVR, dan BBRI, yang diluncurkan baru tipe call saja dan belum ada tipe put.

Secara teori, ketika harga saham mengalami kenaikan, harga call waran akan meningkat sedangkan put waran akan menurun. Adapun jika harga saham mengalami penurunan, harga call waran akan menurun sedangkan put waran akan meningkat.

BEI menjelaskan bahwa mekanisme exercise waran terstruktur adalah European-style, yang berarti pemegang waran hanya dapat melakukan exercise ketika tanggal jatuh tempo saja. Namun, investor tetap dapat melakukan jual-beli waran terstruktur.

Waran terstruktur telah diresmikan oleh BEI sejak April 2022. Instrumen investasi ini ditujukan untuk menambah alternatif investasi di pasar modal Indonesia, sekaligus meningkatkan likuiditas transaksi dan pendalaman pasar.

Saat ini, waran terstruktur hanya bisa diterbitkan dengan underlying saham di indeks IDX30. Jika waran terstruktur ADRO, BBRI, dan UNVR menarik minat investor, kemungkinan akan lebih banyak sekuritas yang akan menerbitkan waran terstruktur emiten konstituen IDX30 di masa depan.

Berikut link yang bisa diakses untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Waran Terstuktur https://www.idx.co.id/produk/waran-terstruktur/

Sosialisasi ini berlangsung di PT. Inti Teladan Sekuritas pada tanggal 14 Septermber 2022 yang lalu.

Itas.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *